Agar Tidur Nyenyak

25 05 2011

KEBUTUHAN manusia yang paling penting setelah melakukan aktivitas seharian adalah dengan tidur yang cukup. Pemulihan kondisi tubuh menjadi alasan utama pentingnya tidur bagi seseorang. Namun, tidak jarang orang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, hal terburuk yang terjadi adalah menderita insomnia.

Ada beberapa tips supaya Anda dapat tidur nyenyak dan sehat saat istirahat. Biasakan tidur dan bangun dengan teratur.  Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur, karena kebiasaan atau pola tidur yang tidak beraturan. Tidak teraturnya jadwal tidur tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala susah tidur Anda semakin terbuka. Nah, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur dan bangun yang teratur.

Hindari konsumsi kafein pada malam hari. Kafein terkandung dalam teh, kopi, dan coklat. Kafein merupakan perangsang bagi sistem tubuh yang akan membuat Anda selalu terjaga. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu sebaiknya Anda hindari minum kopi pada malam hari.

Jangan melakukan kegiatan berat di malam hari. Jangan sekali-kali melakukan aktivitas yang menyita mendal dan pikiran saat menjelang tidur. Hal ini bisa menyebabkan kamu sulit tidur.Pastikan ruang tidur kamu nyaman, cukup udara dan bersih.

Jangan sekali-kali mengkonsumsi obat tidur. Selain ada kemungkinan ketergantungan, obat tidur justru akan membuat kamu kesulitan tidur di kemudian hari.

Matikan lampu di kamar, hal ini akan membuat Anda lebih nyenyak. Usahakan kamu sudah berada di tempat tidur 30 menit sebelum waktu tidur yang kamu tentukan. Matikan lampu dan coba memejamkan mata. Jangan lupa berdoa. Inilah yang paling penting anda lakukan sebelum tidur. (Putri Dwiyana/dari berbagai sumber)


Aksi

Information

Tinggalkan komentar